Pilih Salah Satu Button Dibawah Ini

Virus dari internet dan Trojan

Cara  kerja Umum
virus dari internet bias membawa virus-virus lainnya, pada dasarnya virus dari internet proses pembuatnannya hamper sama dengan virus executable dan virus macro. Yang membedakannya adalah cara penularannya. Virus jenis ini mampu untuk menyebar melalui media internet, yaitu akan mengirim dirinya sendiri ke internet setiap kali terjadi hubungan antara computer dan internet. Contoh yang cukup terkenal adalah virus happy99, yaitu virus yang merubah  file winsock. Dll, yaitu file yang menangani hubungan internet suatu computer yang berhubungan langsung dengan socket internet. Contoh lain adalah virus preety+park yang juga menyebar secara otomatis lewat email dengan mengirimkan dirinya sendirisebagai attachment, cir-cirinya tidak ada reaksi apa-apa ketika dijalankan, tetapi menduplikat dirinya ke C:\Windows\system\file32.vxd serta merubah suatu string  pada registry windows di Lokasi HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\Shell\Open\comad.
Untuk Trojan adalah suatu program yang dikirm oleh seseorang kepaa kita dimana program tersebut merigikan bagi kita . Trojan bisa berupa program pengusak maupun program kendali.  Contoh Trojan yang terkenal adalah Back Orifice dab netbus. Apabila korban telah terkenal salah satu dari program ini, maka apabila korban terhubung ke jaringan atau internet. Si pengirim Trojan dapat mengendalikan computer koraban dari jauh.

Penanggulanngannya
Scan virus setiap file yang tidak pasti kebersihannya dari virus. Terutama yang berasal dari internet. Teta waspada walaupun kita menerima email berisi Microsoft Word atau executable atas nama kenalan sebab mungkin saja e-mail tersebut merupakan pembuatan virus.

Periksa secara rutin registry windows di HKEY_CURENT_User\software\Microsoft\Windows\Curenversion\run. Apakah menemukan file yang mencurigakan ? jika menemukannya hapus bagian file tsb.















Set atribut winsock.dll mejadi read-only, untuk memperkecil kemungkinan virus memanipulasinya.